Elim Suek

Elim Suek

BIDAN, Administrator Website puskesmas Oesapa,Puskesmas Peduli HIV/AIDS

 

Website URL: http://puskesmasoesapa@gmail.com   |   Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Rabu, 10 Oktober 2018 04:24

Kebersihan gigi dan mulut adalah hal penting yang perlu terus dijaga. Kesehatan gigi dan mulut tak hanya terkait dengan persoalan estetika semata, tetapi juga dapat menimbulkan problem kesehatan yang serius.

Timbulnya penyakit yang berkaitan dengan gigi seperti seperti karies (gigi berlubang) atau penyakit periodontal (infeksi gigi/plak gigi) misalnya, dapat berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh. 

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara, Prof Sondang Pintauli, dua jenis gangguan pada gigi dan mulut ini dapat menimbulkan penyakit sistemik.    

"Apabila tidak cepat ditanggulangi dapat menyebabkan mikroba dalam plak gigi, menyebar dan menimbulkan penyakit sistemik seperti gangguan pada jantung, saluran pernapasan, diabetes bahkan menyebabkan kelahiran prematur,"     

Karies atau gigi berlubang merupakan penyakit pada jaringan keras gigi yaitu email, dentin dan sementum yang memfermentasi karbohidrat pada gigi.

Proses karies ditandai dengan terjadinya demineralisasi pada jaringan keras gigi, diikuti dengan kerusakan bahan organiknya yang menyebabkan terjadinya invasi bakteri dan kerusakan pada jaringan pulpa serta penyebaran infeksi ke jaringan periapikal dan menimbulkan rasa nyeri.

Sedangkan penyakit periodental merupakan penyakit infeksi yang disebabkan bakteri yang terakumulasi dalam plak, yang menyebabkan gingiva mengalami peradangan, sehingga sering juga disebut penyakit plak. Ia mengatakan, sama seperti organ tubuh lainnya, rongga mulut merupakan tempat berkumpulnya bakteri aerob maupun anaerob. Bakteri rongga mulut dapat menyebar melalui aliran darah yang disebut bakteremia.

Dari penelitian dilaporkan bahwa bakteremia terjadi pada 100 persen pasien setelah pencabutan gigi, 70 persen setelah pembersihan karang gigi, 55 persen  setelah pembedahan gigi molar tiga, dan 20 persen setelah perawatan saluran akar gigi.

Pada kondisi kesehatan mulut yang normal, hanya sejumlah bakteri yang masuk kedalam aliran darah dan tidak membahayakan. Namun pada individu yang mempunyai oral higiene buruk, maka jumlah bakteri pada permukaan giginya meningkat 2-10 kali, sehingga peluang terjadinya bakteremia menjadi lebih besar.

Teori fokal infeksi menyebutkan bahwa infeksi di rongga mulut bertanggung jawab terhadap terjadinya dan berkembangnya tiga penyakit sistemik yakni kardiovaskuler, diabetes melitus dan aterosklerosis.

"Namun dari ketiganya yang paling berpengaruh adalah penyakit kardiovaskuler, karena bakteri gigi dapat langsung masuk ke dalam tubuh melalui aliran darah. Hal ini menunjukkan bahwa gigi dan rongga mulut dapat berfungsi sebagai jalur masuk bagi mikroba penyebab penyakit kebagian tubuh lainnya," katanya.

Sondang menambahkan, meski di beberapa negara berkembang dilaporkan sudah terjadi perbaikan atau peningkatan kesehatan gigi dan mulut, namun kesehatan gigi dan mulut tetap merupakan tantangan masalah kesehatan yang perlu ditanggulangi.

Dalam hal ini, diperlukan peran aktif masyarakat untuk berperilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri. Tidak cukup hanya dengan kebiasaan pelihara diri saja, tetapi juga harus berusaha menghindari beberapa faktor risiko penyakit gigi dan mulut seperti merokok, alkohol dan stres. Selain itu, membiasakan diet dengan gizi seimbang, mengurangi asupan gula dan dan mengunjungi dokter gigi secara teratur minimal dua kali setahun.

"Dapat disimpulkan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang dipelihara dengan baik dapat menghindarkan seseorang dari risiko menderita penyakit gigi dan mulut serta penyakit sistemik.

 

Sumber : KOMPAS.COM

HARI HEPATITIS SEDUNIA 28 JULI

Minggu, 29 Juli 2018 14:29

HARI HEPATITIS SEDUNIA

Hari Hepatitis sedunia,dirayakan tanggal 28 Juli setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global terhadap penyakit hepatitis B dan hepatitis C serta mendorong pencegahan,diagnosis serta pengobatannya.Angka kejadian Hepatitis B kronik di Indonesia mencapai 5 hingga 10 persen dari total penduduk atau setara dengan 13,5 juta penderita.Jumlah ini membuat Indonesia menjadi Negara ke 3 di Asia yang penderita hepatitis B kroniknya paling banyak di bawah China yg berjumlah 123,7 jt dan India 30-50 jt org kata ahli penyakit dalam Prof.LA Lesmana.

Prof.La Lesmana menjelaskan,tidak diketahuinya penderita yg terjangkit virus ini,lantaran virus hepatitis B tidak menujukkan gejala sehingga menjadi penyakit kronik atau menahun yg sewaktu-waktu bisa muncul.Namun menurut Prof Lesmana virus hepatitis B tidak langsung mencederai hati Virus tersebut bisa menimbulkan infeksi pada hati yg cedera oelh berbagai penyebab.Virus tersebut bisa mengalami reaktifasi  jika antara lain jika terkena infeksi HIV,terinfeksi hepatitis C dan terlalu banyak minum alcohol.Gejala Hepatitis B biasanya baru munculmsetelah virus tersebut menginfeksi hati dan menjadinheptitis B akut.

Gejala yg timbul seperti meriang,rasa mual/eneg,muntah-muntah,serta kulit tubuh menjadi kuning.Jika menjadi akut,penderita bisa kena kanker hati hingga meninggal.Di Indonesia penderita yg terserang virus hepatitis sebagian besar di turunkan dari ibu ke anak,sehingga yg terkena virus sebagian besar adalah anak-anak dan balita.hal tersebut berbeda di Negara barat yg terpapar virus hepatitis B adalah usia dewasa melalui transmisi seksual .

Penderita hepatitis B di NTT mencapai 30% ,NTT menempati peringkat pertama di Indonesia,penularan terbesar karena mealalui seks bebas.  Di Puskesmas Oesapa ada 36 orang ibu hamil yg di skring dan positif mengidap Virus Hepatitis B sudah di tindak lanjuti pengobatan dan follou up nya.

 

Sumber: Pos Kupang  9/12/2017,

Detik News 22/4/2007

 

Pria Wajib Tahu

Jumat, 27 Juli 2018 06:04

PRIA WAJIB TAHU

Maskulinnya seorang pria tergantung dari fungsi Hormon Testoteron karena membuat suara jadi berat dan pertumbuhan jantung serta otot.Testosteron juga berperan sebagai hormon yang memproduksi sperma,tingkat libido,kepadatan tulang dan kekuatan tulang dan kekuatan otot.Apabila pria kekurangan hiormon  testosteron ada kemungkinan karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu,kecelakaan,obesitas/kegemukan dan sering stress.

Tanda Pria kekurangan Hormon testotesron adalah :

  • Rambut Rontok

Laki-laki yg kekurangan Testosteron ada beberapa dari mereka yang mengalami masalah pada pertumbuhan rambut dan juga rambut rontok.

  • Perut Buncit

Rendahnya kadar hormone testosteron kadang membuatnya massa ototnya berkurang,hali itulah yang mengakibatkan lemak menjadi menumpuk dan perut menjadi buncit

  • Tidak Ereksi pada pagi hari

Kebanyakan lelaki mengalami ereksi pada pagi hari saat bangun tidur,nah apabila tidak ereksi maka tanda lelaki kekurangan hormone testosterone.

  • Susah tidur

Apabila pria berusia 35 tahun keatas terjadi susah tidur bahkan cepat capek saat bangun tidur maka itu tanda gejala kekurangan hormone testosterone.

  • Mudah Marah

Lelaki mudah marah ,frustrasi,depresi dan seperti orang yang tidak semangat merupakan lelaki kekurangan hormone testosterone.

 

 Semoga bermanfaat ya.

 

 

 

Sumber : Bangka.Tribun.com/2017/02/02

Manfaat Daun Ungu untuk Kecantikan dan Kesehatan

Tanaman bernama latin Graptophyllum pictum adalah tanaman obat-obatan yang berasal dari Papua Nugini dan Polinesia, yang menyebar ke Indonesia. Tanaman yang juga disebut daun ungu ini(bunga Mayan), termasuk ke dalam apotik hidup yang kerap dibudidayakan di pekarangan rumah. Karena memang, daun ungu memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan sehari-hari dan merupakan salah satu ramuan tradisional untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat daun ungu untuk kecantikan dan kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  1. Pelembut Kulit

Daun ungu atau yang disebut juga daun temen-temen oleh orang-orang Sunda ini, ternyata ampuh untuk membuat kulit menjadi lembut dan tidak kering. Emolien yang terkandung di dalam daun ungu mencegah dan mengurangi kekeringan pada kulit untuk melindungi kulit dari panas dan terik matahari, sehingga mampu melembabkan kulit lebih lama.

  1. Menyembuhkan Borok

Apakah anda memiliki bekas luka lama atau borok yang tidak kunjung hilang-hilang? Anda bisa menggunakan daun ungu untuk menghilangkan borok pada tubuh anda. Caranya cukup dengan menumbuk beberapa lembar daun ungu dengan sedikit air. Lalu tempelkan daun ungu yang telah ditumbuh tadi pada bekas luka atau borok Anda. Lakukan secara rutin setiap hari dan bekas borok andapun akan hilang secara alami.

  1. Menghilangkan Bisul

Daun ungu sangat bermanfaat untuk mempercepat pemasakan bisul, sehingga bisul di tubuh anda akan cepat kempes dan menghilang. Sama seperti cara untuk menghilangkan borok pada tubuh anda cukup menempelkan daun ungu yang telah ditumbuh pada bisul anda. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin hingga bisul anda menghilang dan kulit anda kembali mulus tanpa bisul.

 

 

  1. Memperlancar Haid

Haid yang tidak lancar tentu sangat mengganggu dan membuat perempuan menjadi uring-uringan. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan daun ungu yang memiliki banyak khasiat tanpa perlu meminum obat-obatan kimia dari apotik. Rebus 10-15 gram daun ungu dengan 2 gelas air hingga air susut menjadi 1 gelas. Minum air rebusan daun ungu sebelum atau saat anda sedang haid.

  1. Mengobati Pembengkakan

Ibu yang menyusui atau memberikan ASI eksklusif untuk bayinya pasti mengalami pembengkakan di bagian payudara. Pembengkakan ini tentu menyebabkan rasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Salah satu solusi untuk mengatasi pembengkakan ini adalah dengan mengonsumsi daun ungu. Daun yang disebut daun tobi-tobi di Ternate ini, memiliki khasiat untuk mengobati pembengkakan. Dan tidak hanya pembengakakan pada payudara, namun daun ungu juga dapat mengobati pembengkakan akibat benturan keras seperti memar.

Selain dapat melancarkan buang air kecil, daun ungu juga berkhasiat untuk melancarkan buang air besar. Daun ungu memiliki sifat laksatif selain sifat diuretik. Laksatif adalah sifat dari makanan atau obat-obatan yang membuat usus berkontraksi sehingga kotoran dapat bergerak dengan mudah di usus. Hal inilah yang membuat daun ungu dapat memperlancar buang air besar, karena kotoran di dalam usus bergerak dengan mudah hingga ke anus untuk dikeluarkan.

Daun ungu mempunyai sifat sebagai anti inflamasi. Sifat anti inflamasi ini dapat menghilangkan radang pada organ tubuh

 

Sumber : Cintai Hidup.Com

Keripik dan Kerupuk menjadi salah satu snack yang disukai semua orang.

Berbagai varian rasa bisa kita pilih mulai dari keju, balado, BBQ hingga rasa alami.

Selain dari bahan terigu, tak jarang kita menemukan keripik dari bahan sayuran dan buah-buahan. Banyak orang percaya jenis keripik sayur dan buah lebih sehat ketimbang keripik dari bahan lainnya.

Orang percaya bahwa keripik buah dan sayuran memiliki nutrisi yang lebih baik.

.

Sayangnya hal itu tidak sepenuhnya benar.

Melansir globalnews.ca, Desiree Nielsen, ahli diet terdaftar di Vancouver, mengatakan ketika perusahaan mengasosiasikan kata-kata "sayur" dan "sehat", ini tidak lain untuk tujuan pemasaran.

"Jika kamu menggoreng sesuatu, maka kandungan nutrisi asli akan terlepas, hal ini bukan lagi pilihan sehat," katanya kepada Global News.

"Kamu mungkin mendapatkan beberapa antioksidan tambahan, jika mereka selamat dari panas tinggi penggorengan, tapi kamu akan jauh lebih  baik makan sayuran asli."

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peritel dapur berbasis di Inggris Wren Kitchens dan ahli gizi terdaftar Charlotte Stirling-Reed pada bulan Juni, mendapati bahwa tidak semua makanan bebas gula dan makanan berkalori rendah benar-benar sehat.

 

Dari beberapa minuman bebas gula dan minuman berkalori rendah, dan keripik sayuran, laporan tersebut menemukan beberapa merek keripik sayuran memiliki lebih banyak lemak daripada keripik kentang biasa dan bahkan batang coklat, laporan Huffington Post.

Menurut laporan tersebut, porsi 40 gram keripik sayur (Tyrrells English Crisps) memiliki lebih banyak lemak (14,3 gram) daripada keripik kentang (Pringles biasa dan Mars Bar.)

Keripik sayuran biasanya hanya mengandung nutrisi 2/3 sayuran itu.

Namun, penuh dengan garam dan minyak, sehingga kandungan lemak keripik sayuran tinggi. Sementara bila dibandingkan dengan cokelat bar, kandungan lemaknya dua kali lebih banyak.

"Keripik tetap keripik, walau berbahan dasar sayuran. Keripik sayuran tetap saja mengandung lemak jenuh dan garam terlalu tinggi dari produk camilan keripik lainnya," kata Charlotte melansir Independent. (Triroessita Intan Pertiwi/TribunStyle.com)

 Kerupuk juga merupakan makanan pelengkap saat makan.kerupuk yg gurih dan renyah sering menjadi cemilan,padahal ada fakta mengerikan di balik renyahnya kerupuk ..

Melansir dari Lifestyle. Kompas.com (5/7/2018) seorang pakar gizi dari  fakultas kedokteran universitas Indonesia ,Dr.Diana Sunardi M.Gizi,SP GK,mengatakan mengapa kerupuk jahat ? karena kerupuk adalah karbohidrat sederhana terbuat dari tepung.Saat masuk ke tubuh dan tidak beraktivitas maka akan berubah menjadi lemak ,juga karena krupuk di goreng dalam minyak ,otomatis kandungan kalorinya sangat tinggi penjelasan dokter Diana 1 buah kerupuk mengandung 100 -150 kalori,  ukuran tersebut setara dengan  takaran setengah piring nasi. Asupan berlebihan kalori dalam tubuh akan menimbulkan masalah kesehatan yg beragam,seperti obesitas,meningkatkan resiko stroke,penyakit jantung dan kanker.

Sumber : Lifestyle.Kompas.com

 

 

 

 

 

 

Si Iva Juruselamat Kaum Perempuan

Kamis, 26 Juli 2018 07:13

SI IVA JURUSLAMAT KAUM PEREMPUAN

PENGERTIAN IVA

IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin (Sukaca E. Bertiani, 2009)

IVA merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5% (Wijaya Delia, 2010).

Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker (high-Grade Precanceraus Lesions) dengan sensitivitas sekitar 66-96% dan spesifitas 64-98%. Sedangkan nilai prediksi positif (positive predective value) dan nilai prediksi negatif (negative predective value) masing-masing antara 10-20% dan 92-97% (Wijaya Delia, 2010).

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining alternatife dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.

Pada pemeriksaan ini, pemeriksaan dilakukan dengan cara melihat serviks yang telah diberi asam asetat 3-5% secara inspekulo. Setelah serviks diulas dengan asam asetat, akan terjadi perubahan warna pada serviks yang dapat diamati secara langsung dan dapat dibaca sebagai normal atau abnormal. Dibutuhkan waktu satu sampai dua menit untuk dapat melihat perubahan-perubahan pada jaringan epitel.

Serviks yang diberi larutan asam asetat 5% akan merespon lebih cepat daripada larutan 3%. Efek akan menghilang sekitar 50-60 detik sehingga dengan pemberian asam asetat akan didapat hasil gambaran serviks yang normal (merah homogen) dan bercak putih (displasia) (Novel S Sinta,dkk,2010).

TUJUAN IVA

Untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan. Untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim.

 KEUNTUNGAN IVA

Menurut (Nugroho. 2010:65) keuntungan IVA dibandingkan tes-tes diagnosa lainnya adalah :

Mudah, praktis, mampu laksana

Dapat dilaksanakan oleh seluruh tenaga kesehatan

Alat-alat yang dibutuhkan sederhana sesuai untuk pusat pelayanan sederhana

Menurut (Emilia. 2010 :53) keuntungan IVA

Kinerja tes sama dengan tes lain

Memberikan hasil segera sehingga dapat diambil keputusan mengenai penatalaksanaannya

 

JADWAL IVA

Program Skrining Oleh WHO :

Skrining pada setiap wanita minimal 1X pada usia 35-40 tahun

Kalau fasilitas memungkinkan lakukan tiap 10 tahun pada usia 35-55 tahun

Kalau fasilitas tersedia lebih lakukan tiap 5 tahun pada usia 35-55 tahun (Nugroho Taufan, dr. 2010:66)

Ideal dan optimal pemeriksaan dilakukan setiap 3 tahun pada wanita usia 25-60 tahun.

Skrining yang dilakukan sekali dalam 10 tahun atau sekali seumur hidup memiliki dampak yang cukup signifikan.

Di Indonesia, anjuran untuk melakukan IVA bila : hasil positif (+) adalah 1 tahun dan, bila hasil negatif (-) adalah 5 tahun.

  SYARAT MENGIKUTI TEST IVA

Sudah pernah melakukan hubungan seksual, Tidak sedang datang bulan/haid,

Tidak sedang hamil , 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual

 CARA KERJA IVA

Sebelum dilakukan pemeriksaan, pasien akan mendapat penjelasan mengenai prosedur yang akan dijalankan. Privasi dan kenyamanan sangat penting dalam pemeriksaan ini.

Pasien dibaringkan dengan posisi litotomi (berbaring dengan dengkul ditekuk dan kaki melebar). Vagina akan dilihat secara visual apakah ada kelainan dengan bantuan pencahayaan yang cukup.

Spekulum (alat pelebar) akan dibasuh dengan air hangat dan dimasukkan ke vagina pasien secara tertutup, lalu dibuka untuk melihat leher rahim.

Bila terdapat banyak cairan di leher rahim, dipakai kapas steril basah untuk menyerapnya.

Dengan menggunakan pipet atau kapas, larutan asam asetat 3-5% diteteskan ke leher rahim. Dalam waktu kurang lebih satu menit, reaksinya pada leher rahim sudah dapat dilihat.

Bila warna leher rahim berubah menjadi keputih-putihan, kemungkinan positif terdapat kanker. Asam asetat berfungsi menimbulkan dehidrasi sel yang membuat penggumpalan protein, sehingga sel kanker yang berkepadatan protein tinggi berubah warna menjadi putih. Bila tidak didapatkan gambaran epitel putih pada daerah transformasi berarti hasilnya negative.

 KATEGORI IVA

Menurut (Sukaca E. Bertiani, 2009) Ada beberapa kategori yang dapat dipergunakan, salah satu kategori yang dapat dipergunakan adalah:

IVA negatif = menunjukkan leher rahim normal.

IVA radang = Serviks dengan radang (servisitis), atau kelainan jinak lainnya (polip serviks).

IVA positif = ditemukan bercak putih (aceto white epithelium). Kelompok ini yang menjadi sasaran temuan skrining kanker serviks dengan metode IVA karena temuan ini mengarah pada diagnosis Serviks-pra kanker (dispalsia ringan-sedang-berat atau kanker serviks in situ).

IVA-Kanker serviks = Pada tahap ini pun, untuk upaya penurunan temuan stadium kanker serviks, masih akan bermanfaat bagi penurunan kematian akibat kanker serviks bila ditemukan masih pada stadium invasif dini (stadium IB-IIA).

 

PENATALAKSANAAN IVA

Pemeriksaan IVA dilakukan dengan spekulum melihat langsung leher rahim yang telah dipulas dengan larutan asam asetat 3-5%, jika ada perubahan warna atau tidak muncul plak putih, maka hasil pemeriksaan dinyatakan negative. Sebaliknya jika leher rahim berubah warna menjadi merah dan timbul plak putih, maka dinyatakan positif lesi atau kelainan pra kanker.

Namun jika masih tahap lesi, pengobatan cukup mudah, bisa langsung diobati dengan metode Krioterapi atau gas dingin yang menyemprotkan gas CO2 atau N2 ke leher rahim. Sensivitasnya lebih dari 90% dan spesifitasinya sekitar 40% dengan metode diagnosis yang hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit  tersebut, lesi prakanker bisa dideteksi sejak dini. Dengan demikian, bisa segera ditangani dan tidak berkembang menjadi kanker stadium lanjut.

Metode krioterapi adalah membekukan serviks yang terdapat lesi prakanker pada suhu yang amat dingin (dengan gas CO2) sehingga sel-sel pada area tersebut mati dan luruh, dan selanjutnya akan tumbuh sel-sel baru yang sehat (Samadi Priyanto. H, 2010)

Kalau hasil dari test IVA dideteksi adanya lesi prakanker, yang terlihat dari adanya perubahan dinding leher rahim dari merah muda menjadi putih, artinya perubahan sel akibat infeksi tersebut baru terjadi di sekitar epitel. Itu bisa dimatikan atau dihilangkan dengan dibakar atau dibekukan. Dengan demikian, penyakit kanker yang disebabkan human papillomavirus (HPV) itu tidak jadi berkembang dan merusak organ tubuh yang lain.

TEMPAT PELAYANAN

IVA bisa dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pemeriksaan dan yang bisa melakukan pemeriksaan IVA diantaranya oleh :

Dokter Spesialis Obgin,Dokter Umum,,Bidan dan Perawat Terlatih.

 

Sumber : Yayasan Kanker Indonesia

Jahe merupakan salah satu tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang sering ditanam di halaman rumah bersama dengan tanaman lainnya. Tanaman yang sering ditanam bersama jahe adalah kencur, kunyit dan masih banyak lagi yang lainnya. Selama ini jahe hanya dikenal sebagai obat untuk masuk angin dan juga mengobati keseleo. Khasiatnya untuk ibu hamil pun belum banyak yang tahu. Karena ketidaktahuan akan manfaat jahe untuk ibu hamil, maka menimbulkan keraguan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman dengan bahan dasar jahe.

Keraguan ibu hamil tersebut dipengaruhi oleh mitos larangan ibu hamil yang beredar di masyarakat, yakni jahe membahayakan bagi janin karena rasa panasnya. Dalam artikel ini akan dibahas tentang manfaat jahe untuk ibu hamil, agar rasa ragu-ragu ibu hamil akan jahe hilang dan bisa terjawab.

Kandungan zat di Dalam Jahe

Banyak yang menganggap mengkonsumsi jahe akan membuat rasa panas di dalam rahim dan perut, sehingga ibu hamil tidak boleh mengkonsumsinya. Anggapan tersebut adalah anggapan yang salah karena jahe justru memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Manfaat itulah yang sering diabaikan dan tidak diketahui oleh orang banyak. Sebelum kita mengetahui manfaatnya apa saja sebaiknya kita tahu kandungan di dalam tanaman jahe :

  1. Zingeron. Zingeron adalah senyawa keton yang menyebabkan jahe memiliki rasa pedas dan juga panas.
  2. Senyawa lainnya.Senyawa lainnya yang ada dalam tanaman jahe adalah senyawa phenol.
  3. Zat besiManfaat zat besijuga ada pada tanaman jahe. Zat besi bermanfaat untuk menaikkan hb tubuh ibu hamil.
  4. Vitamin yang ada di dalam jahe adalah vitamin C, vitamin B1 dan juga vitamin A. Vitamin C ada di dalam kandungan jahe. Jahe memiliki rasa asam meskipun tidak dominan, hal itu dikarenakan kandungan vitamin C di dalamnya.Asam folatManfaat asam folat ada di dalam tanaman jahe, asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Minyak atsiri. Minyak tersebut membuat jahe memiliki aroma yang khas.
  5. Zak aktif. Zat itu adalah sineol, minyak damar, kamfer, borneol, gigerol, asam aminos, zingeron, lipidas, protein, niacin.
  6. Enzim pencernaan. Enzim yang ada dalam kandungan jahe adalah enzim protease dan juga lipase.
  7. Asam folat. Asam folat sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh ibu hamil.

Mengingat kandungan di dalam jahe sangat banyak, tentu manfaat jahe tidak boleh dianggap remeh. Berikut ini berbagai macam manfaat yang akan didapatkan ibu hamil dari tanaman jahe :

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Ibu hamil tidak jarang memiliki tekanan darah yang tinggi. Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menurunkan tekanan darahnya menggunakan jahe. Alasannya adalah :

  • Jahe mampu merangsang pelepasan dari hormon adrenalin dan bisa melancarkan pembuluh darah.
  • Aliran darah bisa mengalir dengan lancar karena pembuluh darah yang lebar. Selain itu pembuluh darah yang lebar bisa meringankan fungsi jantung. Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh organ di dalam tubuh.
  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan yang ada dalam manfaat jahe untuk ibu hamil adalah enzim lipase dan juga protease. Enzim itu sangat membantu dalam sistem pencernaan. Tugas enzim tersebut adalah mencerna protein dan lemak dalam makanan sehingga sistem pencernaan bisa lancar. Pencernaan yang lancar bisa menghindarkan dari sembelit.

Selama ini ibu hamil banyak mengalami gangguan kehamilan seperti susah untuk BAB. Dengan mengkonsumsi minuman jahe sebelum makan besar, ibu hamil bisa melancarkan sistem pencernaannya dan menghindarkan dari sembelit.

  1. Meredakan Maag Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami maag bisa drop kondisi kesehatannya. Mengkonsumsi jahe hangat bisa meredakan dan menurunkan kadar asam lambung yang ada pada ibu hamil tersebut. Ketahui perbedaan mual hamil dan maag untuk mendapat penanganan yang tepat.

 Meredakan Perut Kembung

Ibu hamil muda sering mengalami perut kembung. Gejala ibu hamil muda adalah sering mengalami perut kembung yang diidentikkan dengan masuk angin. Konsumsi manfaat jahe untuk ibu hamil yang hangat dan kaya akan zat zingeron, bisa membuat reda perut kembung pada ibu hamil.

  1. Menghilangkan Gas Berlebih

Ibu hamil sering tidak menyadari jika makanan yang dikonsumsinya bisa menimbulkan gas di dalam perutnya menjadi berlebih. Akibatnya adalah ibu hamil merasakan jika perutnya begah dan penuh. Rasa begah itu sangat membuat ibu hamil tidak nyaman. Gas berlebih bisa diakibatkan oleh mengkonsumsi sayur yang banyak mengandung gas seperti sayur kol. Untuk menghilangkan gas yang berlebih bisa menggunakan jahe hangat. Senyawa phenol pada jahe bisa menghilangkan gas berlebih pada perut ibu hamil.

  1. Menghilangkan Mual

Saat morning sickness banyak ibu hamil yang merasakan mual dan muntah. Untuk mengatasinya ibu hamil bisa mengkonsumsi jahe hangat di setiap pagi. Kandungan minyak atsiri dan zat zingeron bisa menghilangkan mual ibu hamil. Aroma minyak atsiri yang khas bisa membuat rasa mual ibu hamil menjadi hilang, sedangkan zingeron yang ada pada tanaman jahe bermanfaat untuk membuat perut menjadi lebih nyaman dan hangat.

   7.     Menghilangkan Pusing

    Ibu hamil yang morning sickness juga sering mengalami pusing saat pagi hari. Pusing tersebut sangat tidak nyaman bagi ibu hamil. Oleh sebab itu dibutuhkan cara efektif untuk menghilangkan pusing pada ibu hamil. Cara itu sangat mudah dan aman. Caranya adalah 

  • Ibu hamil bisa mengkonsumsi jahe hangat untuk menghilangkan rasa pusing yang dialaminya.
  • Caranya adalah dengan menghirup dalam-dalam aroma jahe hangat sebelum meminumnya.
  • Lakukan selama beberapa menit, barulah setelah itu ibu hamil bisa meminumnya.
  • Minyak atsiri yang ada pada manfaat jahe untuk ibu hamil, bisa membuat rasa pusing hilang.

 

  1. Menghilangkan Stress

Ibu hamil sering mengalami stress, hal itu bisa diakibatkan oleh kondisi lingkungan dan juga ketidakseimbangan hormon. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat, dengan menghirup udara pagi dalam-dalam sambil ditemani secangkir jahe hangat bisa menghilangkan stress ibu hamil.

  1. Aroma Terapi

Aroma terapi memiliki sifat menenangkan dan melegakan. Ibu hamil butuh suasana yang tenang dan pikiran yang lega. Sayangnya banyak ibu hamil yang sering tidak mendapatkan ketenangan dan kelegaan. Untuk menciptakan ketenangan dan kelegaan ibu hamil bisa menggunakan jahe sebagai aroma terapi. Caranya adalah :

  • Menumbuk jahe dan diseduh menggunakan air panas.
  • Hiruplah dalam-dalam aroma dari jahe tersebut.
  • Aroma yang dihasilkan dari minyak atsiri bisa berfungsi sebagai aroma terapi yang melegakan dan menenangkan.
  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Vitamin C yang ada di dalam tanaman jahe bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh itu bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh. Ibu hamil harus pintar menjaga kondisi tubuhnya. Hal itu dikarenakan jika kondisi tubuh yang tidak fit bisa berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

Apalagi jika ibu hamil tersebut disertai demam tinggi, demam tidak boleh terjadi pada ibu hamil karena bisa menyebabkan janin mati di dalam kandungan, karena janin tidak bisa berteman dengan suhu tubuh ibu hamil yang tinggi.

  1. Menghindari Cacat Lahir

Ibu hamil bisa mengkonsumsi jahe untuk bisa menghindari cacat lahir dan juga ketidaknormalan fungsi otak. Hal itu dikarenakan di dalam manfaat jahe untuk ibu hamil, terdapat manfaat asam folat yang penting untuk janin. Kandungan folat ini, juga dapat ditemukan pada :

  1. Membuat Badan Menjadi Segar

Akibat badan yang drop dikarenakan morning sickness banyak ibu hamil yang mengeluhkan badannya tidak segar dan mengalami lemas dan lesu. Untuk membuat tubuh dan badan ibu hamil menjadi segar kembali ibu hamil bisa mengkonsumsi minuman jahe hangat. Kandungan zingeron yang ada dalam jahe bisa menyegarkan tubuh ibu hamil.

  1. Membangkitkan Stamina

Minuman jahe hangat yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa membuat stamina ibu hamil yang tadinya lemas menjadi bertenaga kembali. Banyaknya vitamin yang ada dalam jahe bisa membuat tubuh ibu hamil sehat dan berstamina.

  1. Membangkitkan Nafsu Makan

Banyak fakta ditemukan, pada ibu hamil yang mengalami morning sickness harus mengkonsumsi minuman jahe hangat terlebih dahulu sebelum makan. Hal itu dikarenakan jahe bisa membangkitkan nafsu makan selama kehamilan, terutama bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Kandungan zingeron yang ada dalam manfaat jahe untuk ibu hamil, akan menambah nafsu makan dan penghilang mual sehingga makan lebih nyaman.

  1. Melindungi Dari Radikal Bebas

Selama kehamilan, ibu hamil akan sangat rentan terhadap radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan dan masalah kesehatan. Selain itu radikal bebas akan membuat banyak toksin atau racun masuk ke dalam tubuh. Jahe memiliki vitamin C seperti manfaat buah buahan untuk ibu hamil, yang bisa berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di sekitar ibu hamil.

  1. Obat Alami

Selama kehamilan, ibu hamil rentan terhadap berbagai macam penyakit. Penyakit tersebut misalnya adalah sakit gigi, demam, sakit kepala, migrain dan berbagai macam penyakit lainnya. Mengkonsumsi jahe bermanfaat sebagai obat alami untuk bisa meringankan dan meredakan rasa sakit dari penyakit-penyakit tersebut. Hindari pemakaian dan konsumsi obat kimia yang berlebihan dikarenakan bisa berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

Pellentesque varius mi tempor, varius leo quis, cursus sapien. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Nullam nec vestibulum lorem, eget consequat leo. Maecenas sed lectus at justo cursus interdum at id odio. Sed tincidunt ligula non erat molestie, non lobortis mauris cursus. Integer euismod blandit vehicula. Etiam posuere quis orci ac pretium.

Integer eget ante nec nunc finibus blandit. Sed tincidunt in enim interdum venenatis. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Sed vel rhoncus turpis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse quis nunc quis justo sagittis mattis et vitae erat. Fusce lacinia tempus arcu, id dapibus ipsum tempus non. Cras sollicitudin semper magna, sed varius arcu cursus nec. Vestibulum laoreet vestibulum facilisis. Nullam sed molestie orci, non tempor velit.

Nullam laoreet semper pulvinar. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque elementum lectus lorem, ac elementum purus vulputate vel. Proin semper dolor sit amet eleifend euismod. Proin vel finibus nunc, at cursus nulla. Aliquam erat volutpat. Morbi eleifend bibendum metus, vel pharetra ante aliquam id. Sed euismod enim a blandit consectetur. Nullam vitae nisi eleifend, sodales ex et, rhoncus turpis. Aenean massa erat, lobortis ut ipsum id, elementum porttitor justo. Proin non aliquam odio, et egestas justo. Mauris at metus neque.

Halaman 1 dari 3