HARI HEPATITIS SEDUNIA 28 JULI

Ditulis Oleh | Minggu, 29 Juli 2018 14:29 | Dibaca : 50 Kali | Terakhir Diperbaharui : Minggu, 29 Juli 2018 15:01
World Hepetitis Day World Hepetitis Day google

HARI HEPATITIS SEDUNIA

Hari Hepatitis sedunia,dirayakan tanggal 28 Juli setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global terhadap penyakit hepatitis B dan hepatitis C serta mendorong pencegahan,diagnosis serta pengobatannya.Angka kejadian Hepatitis B kronik di Indonesia mencapai 5 hingga 10 persen dari total penduduk atau setara dengan 13,5 juta penderita.Jumlah ini membuat Indonesia menjadi Negara ke 3 di Asia yang penderita hepatitis B kroniknya paling banyak di bawah China yg berjumlah 123,7 jt dan India 30-50 jt org kata ahli penyakit dalam Prof.LA Lesmana.

Prof.La Lesmana menjelaskan,tidak diketahuinya penderita yg terjangkit virus ini,lantaran virus hepatitis B tidak menujukkan gejala sehingga menjadi penyakit kronik atau menahun yg sewaktu-waktu bisa muncul.Namun menurut Prof Lesmana virus hepatitis B tidak langsung mencederai hati Virus tersebut bisa menimbulkan infeksi pada hati yg cedera oelh berbagai penyebab.Virus tersebut bisa mengalami reaktifasi  jika antara lain jika terkena infeksi HIV,terinfeksi hepatitis C dan terlalu banyak minum alcohol.Gejala Hepatitis B biasanya baru munculmsetelah virus tersebut menginfeksi hati dan menjadinheptitis B akut.

Gejala yg timbul seperti meriang,rasa mual/eneg,muntah-muntah,serta kulit tubuh menjadi kuning.Jika menjadi akut,penderita bisa kena kanker hati hingga meninggal.Di Indonesia penderita yg terserang virus hepatitis sebagian besar di turunkan dari ibu ke anak,sehingga yg terkena virus sebagian besar adalah anak-anak dan balita.hal tersebut berbeda di Negara barat yg terpapar virus hepatitis B adalah usia dewasa melalui transmisi seksual .

Penderita hepatitis B di NTT mencapai 30% ,NTT menempati peringkat pertama di Indonesia,penularan terbesar karena mealalui seks bebas.  Di Puskesmas Oesapa ada 36 orang ibu hamil yg di skring dan positif mengidap Virus Hepatitis B sudah di tindak lanjuti pengobatan dan follou up nya.

 

Sumber: Pos Kupang  9/12/2017,

Detik News 22/4/2007

 


Elim Suek

BIDAN, Administrator Website puskesmas Oesapa,Puskesmas Peduli HIV/AIDS

 

puskesmasoesapa@gmail.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.