Bunga Ungu Untuk kecantikan dan Kesehatan Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 14:59 | Dibaca : 65 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 27 Juli 2018 04:12
Kecantikan dan kesehatan Kecantikan dan kesehatan Bunga Indah

Manfaat Daun Ungu untuk Kecantikan dan Kesehatan

Tanaman bernama latin Graptophyllum pictum adalah tanaman obat-obatan yang berasal dari Papua Nugini dan Polinesia, yang menyebar ke Indonesia. Tanaman yang juga disebut daun ungu ini(bunga Mayan), termasuk ke dalam apotik hidup yang kerap dibudidayakan di pekarangan rumah. Karena memang, daun ungu memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan sehari-hari dan merupakan salah satu ramuan tradisional untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat daun ungu untuk kecantikan dan kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  1. Pelembut Kulit

Daun ungu atau yang disebut juga daun temen-temen oleh orang-orang Sunda ini, ternyata ampuh untuk membuat kulit menjadi lembut dan tidak kering. Emolien yang terkandung di dalam daun ungu mencegah dan mengurangi kekeringan pada kulit untuk melindungi kulit dari panas dan terik matahari, sehingga mampu melembabkan kulit lebih lama.

  1. Menyembuhkan Borok

Apakah anda memiliki bekas luka lama atau borok yang tidak kunjung hilang-hilang? Anda bisa menggunakan daun ungu untuk menghilangkan borok pada tubuh anda. Caranya cukup dengan menumbuk beberapa lembar daun ungu dengan sedikit air. Lalu tempelkan daun ungu yang telah ditumbuh tadi pada bekas luka atau borok Anda. Lakukan secara rutin setiap hari dan bekas borok andapun akan hilang secara alami.

  1. Menghilangkan Bisul

Daun ungu sangat bermanfaat untuk mempercepat pemasakan bisul, sehingga bisul di tubuh anda akan cepat kempes dan menghilang. Sama seperti cara untuk menghilangkan borok pada tubuh anda cukup menempelkan daun ungu yang telah ditumbuh pada bisul anda. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin hingga bisul anda menghilang dan kulit anda kembali mulus tanpa bisul.

 

 

  1. Memperlancar Haid

Haid yang tidak lancar tentu sangat mengganggu dan membuat perempuan menjadi uring-uringan. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan daun ungu yang memiliki banyak khasiat tanpa perlu meminum obat-obatan kimia dari apotik. Rebus 10-15 gram daun ungu dengan 2 gelas air hingga air susut menjadi 1 gelas. Minum air rebusan daun ungu sebelum atau saat anda sedang haid.

  1. Mengobati Pembengkakan

Ibu yang menyusui atau memberikan ASI eksklusif untuk bayinya pasti mengalami pembengkakan di bagian payudara. Pembengkakan ini tentu menyebabkan rasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Salah satu solusi untuk mengatasi pembengkakan ini adalah dengan mengonsumsi daun ungu. Daun yang disebut daun tobi-tobi di Ternate ini, memiliki khasiat untuk mengobati pembengkakan. Dan tidak hanya pembengakakan pada payudara, namun daun ungu juga dapat mengobati pembengkakan akibat benturan keras seperti memar.

Selain dapat melancarkan buang air kecil, daun ungu juga berkhasiat untuk melancarkan buang air besar. Daun ungu memiliki sifat laksatif selain sifat diuretik. Laksatif adalah sifat dari makanan atau obat-obatan yang membuat usus berkontraksi sehingga kotoran dapat bergerak dengan mudah di usus. Hal inilah yang membuat daun ungu dapat memperlancar buang air besar, karena kotoran di dalam usus bergerak dengan mudah hingga ke anus untuk dikeluarkan.

Daun ungu mempunyai sifat sebagai anti inflamasi. Sifat anti inflamasi ini dapat menghilangkan radang pada organ tubuh

 

Sumber : Cintai Hidup.Com


Elim Suek

BIDAN, Administrator Website puskesmas Oesapa,Puskesmas Peduli HIV/AIDS

 

puskesmasoesapa@gmail.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.