Mengerikan!!! keripik dan kerupuk yang anda makan Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 13:49 | Dibaca : 45 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 27 Juli 2018 06:47
cemilan cemilan renyah gurih

Keripik dan Kerupuk menjadi salah satu snack yang disukai semua orang.

Berbagai varian rasa bisa kita pilih mulai dari keju, balado, BBQ hingga rasa alami.

Selain dari bahan terigu, tak jarang kita menemukan keripik dari bahan sayuran dan buah-buahan. Banyak orang percaya jenis keripik sayur dan buah lebih sehat ketimbang keripik dari bahan lainnya.

Orang percaya bahwa keripik buah dan sayuran memiliki nutrisi yang lebih baik.

.

Sayangnya hal itu tidak sepenuhnya benar.

Melansir globalnews.ca, Desiree Nielsen, ahli diet terdaftar di Vancouver, mengatakan ketika perusahaan mengasosiasikan kata-kata "sayur" dan "sehat", ini tidak lain untuk tujuan pemasaran.

"Jika kamu menggoreng sesuatu, maka kandungan nutrisi asli akan terlepas, hal ini bukan lagi pilihan sehat," katanya kepada Global News.

"Kamu mungkin mendapatkan beberapa antioksidan tambahan, jika mereka selamat dari panas tinggi penggorengan, tapi kamu akan jauh lebih  baik makan sayuran asli."

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peritel dapur berbasis di Inggris Wren Kitchens dan ahli gizi terdaftar Charlotte Stirling-Reed pada bulan Juni, mendapati bahwa tidak semua makanan bebas gula dan makanan berkalori rendah benar-benar sehat.

 

Dari beberapa minuman bebas gula dan minuman berkalori rendah, dan keripik sayuran, laporan tersebut menemukan beberapa merek keripik sayuran memiliki lebih banyak lemak daripada keripik kentang biasa dan bahkan batang coklat, laporan Huffington Post.

Menurut laporan tersebut, porsi 40 gram keripik sayur (Tyrrells English Crisps) memiliki lebih banyak lemak (14,3 gram) daripada keripik kentang (Pringles biasa dan Mars Bar.)

Keripik sayuran biasanya hanya mengandung nutrisi 2/3 sayuran itu.

Namun, penuh dengan garam dan minyak, sehingga kandungan lemak keripik sayuran tinggi. Sementara bila dibandingkan dengan cokelat bar, kandungan lemaknya dua kali lebih banyak.

"Keripik tetap keripik, walau berbahan dasar sayuran. Keripik sayuran tetap saja mengandung lemak jenuh dan garam terlalu tinggi dari produk camilan keripik lainnya," kata Charlotte melansir Independent. (Triroessita Intan Pertiwi/TribunStyle.com)

 Kerupuk juga merupakan makanan pelengkap saat makan.kerupuk yg gurih dan renyah sering menjadi cemilan,padahal ada fakta mengerikan di balik renyahnya kerupuk ..

Melansir dari Lifestyle. Kompas.com (5/7/2018) seorang pakar gizi dari  fakultas kedokteran universitas Indonesia ,Dr.Diana Sunardi M.Gizi,SP GK,mengatakan mengapa kerupuk jahat ? karena kerupuk adalah karbohidrat sederhana terbuat dari tepung.Saat masuk ke tubuh dan tidak beraktivitas maka akan berubah menjadi lemak ,juga karena krupuk di goreng dalam minyak ,otomatis kandungan kalorinya sangat tinggi penjelasan dokter Diana 1 buah kerupuk mengandung 100 -150 kalori,  ukuran tersebut setara dengan  takaran setengah piring nasi. Asupan berlebihan kalori dalam tubuh akan menimbulkan masalah kesehatan yg beragam,seperti obesitas,meningkatkan resiko stroke,penyakit jantung dan kanker.

Sumber : Lifestyle.Kompas.com

 

 

 

 

 

 


Elim Suek

BIDAN, Administrator Website puskesmas Oesapa,Puskesmas Peduli HIV/AIDS

 

puskesmasoesapa@gmail.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.